Sun Dog


Sun Dog



Fenomena Sun Dog (Sundog) yang kadang juga disebut dengan Parhelionadalah sebuah fenomena ketika kita bisa melihat adanya kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari. Kadang, kumpulan cahaya ini bisa terlihat seperti bola yang membuat kita berpikir kalau cahaya ini adalah matahari tambahan

Fenomena ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Namun, ia akan lebih mudah terlihat ketika matahari berada pada posisi yang lebih rendah di Horizon (saat terbit atau terbenam).
Pada matahari terbit, matahari akan naik semakin tinggi, Sun Dog pun akan bergeser dari sudut 22 derajat. Ketika matahari menjadi lebih tinggi lagi, Sun Dog pun lenyap.

Umumnya Sun Dog berwarna merah ketika ia berada pada jarak terdekat dari matahari. Ketika ia semakin menjauh dari matahari, warnanya akan berubah mengarah ke biru (Enigma, 2010).


Pembentukan Sun Dogs berawal dari cahaya matahari bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal heksagonal yang tersusun secara horizontal di langit yang mengakibatkan cahaya itu dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat. Proses ini dapat disamakan dengan proses terbentuknya pelangi karena cahaya matahari yang menyinari tetesan air di angkasa. Namun, ketika matahari berada pada posisi yang lebih rendah daripada horizon, ia akan lebih mudah terlihat (kompasiana, 2017).


Referensi 
Kompasiana. 2017. Fenomena Sun Dog. https://www.kompasiana.com. [3 September 2017]
Enigma. 2010. Memahami Fenomena Sun Dog. http://www.enigmablogger.com. [30 juni 2010]



Posting Komentar