LUBANG NERAKA DI TURKIMENISTAN


LUBANG NERAKA DI TURKIMENISTAN



Tentu lubang ini tidak hadir dengan sendirinya.  Pada tahun 1971, para penambang dari Rusia mengebor sebuah lubang kecil yang akhirnya jadi lubang selebar 70 meter. Pengeboran itu pun akhirnya membuat gas yang ada di bawah tanah menjadi aktif.  Akibatnya, gas tersebut menekan permukaan tanah sehingga membuat lubang sebesar itu.  "Kawah" ini berada di dekat Desa Derweze, sebuah desa kecil di Turkmenistan yang berpenduduk 350 jiwa. Kedalaman lubang yang dijuluki penduduk lokal sebagai 'Gates to Hell' ini adalah 20 meter.  Kawah panas ini bukannya ditutup kembali malah dijadikan destinasi wisata para turis (kompasiana, 2015).


Sejak lama daerah Asia Tengah ini memang dikenal memiliki kekayaan gas alam yang melimpah. Tahun 1971 beberapa ahli geologi Russia mencoba melakukan pencarian gas alam dengan cara menggali area tersebut. Saat pengeboran itulah muncul lubang yang diduga mengandung endapan gas. Namun para ahli meyebutkan bahwa gas yang mengandung metana dan beracun ini akan mengganggu warga sekitar (gadis, 2013). 

Karena sudah mengudara dan khawatir merusak atmosfer, mereka kemudian melakukan pembakaran. Selain untuk meredakan efek gas racun tersebut, mereka juga berharap dapat melakukan penambangan  kembali dan api segera padam. Tetapi, ledakan besar justru terjadi sehingga menyebabkan beberapa alat terperosok ke dalamnya. Beberapa penduduk setempat lalu diungsikan. Tidak ada korban akibat ledakan tersebut. Lubang pun semakin menyebar sehingga besarnya berdiameter 70 meter (gadis, 2013). 


Anehnya, api terus menyala bahkan saat hujan sekalipun. Api ini tidak pernah padam selama hampir 37 tahun! Bau belerangnya bahkan cukup kuat saat mendekati kawasan ini. Walaupun begitu, “lubang neraka” Turkmenistan menjadi obyek wisata mengasyikan, terutama jika dikunjungi malam hari karena cahanya dapat dilihat sampai beberapa mil jauhnya (gadis, 2013).

Kompasiana. 2015. Berani Wisata ke 'Gerbang Neraka' di Turkmenistan ini?. https://www.kompasiana.com. [24 Juni 2015 ]
Gadis. 2013. Misteri Lubang Neraka di Turkmenistan. https://www.gadis.co.id. [Maret, 23 2013]



Posting Komentar