MORNING GLORY CLOUDS



MORNING GLORY CLOUDS


Awan Morning Glory adalah merupakan fenomena meteorologi yg sangat langka. Awan ini sering disebut roll cloud atau awan gulung. Peristiwa ini pernah terlihat di banyak lokasi berbeda di seluruh dunia, namun biasanya dapat diamati di Northern Australia Teluk Carpentaria (Alam mengembang jadi guru, 2011).
Awan Morning Glory adalah gulungan awan (roll cloud) yang panjangnya dapat mencapai 1000 kilometer (hampir sepanjang pulau jawa), tinggi dapat mencapai 1-2 kilometer, tapi kadang hanya sekitar 100 hingga 200 meter dari atas permukaan bumi. Dan dapat bergerak dengan kecepatan hingga 60 kilometer per jam (Alam mengembang jadi guru, 2011).
Para ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti bagaimana awan indah ini bisa terbentuk ( Apa lagi saya?? ckckckkc) . Namun sebagian orang percaya kalau awan ini mungkin terbentuk akibat tiupan angin laut dari barat yang lebih kuat dan hangat dibandingkan angin timur. Ketika angin barat ini menggulung angin timur, terbentuklah awan Morning Glory (dhe phok, 2010).

Salah satu penyebab utama sebagian besar kejadian morning glory adalah sirkulasi mesoscale (system cuaca yang dengan system skala yang lebih kecil dan system skala badai) terkait dengan angin laut yang berkembang dari semenanjun dan teluk. Pada skla besar, morning glory biasanya berhubungan dengan sistem frontal melintasi pusat australia dan tekanan tinggi dibagian utara australia.  Morning glory terjadi ketika kelembapan diudarh tinggi, yang memberikan kelembapan bagi awan untuk membentuk, dan ketika angin laut yang kuat telah ditiup.

RUJUKAN
Alam mengembang jadi guru. 2011. Awan morning glory.http://versesofuniverse.blogspot.co.id  [July 28, 2011].
Dhe phok. 2010. Morning Glory. https://dhephok.wordpress.com. [November 20, 2010].

Posting Komentar