Light Pilars



Light Pilars
 

 Light Pillars atau yang biasa kita sebut dengan Pilar-Pilar Cahaya adalah suatu fenomena alam berupa sinar cahaya dan bentuknya menyerupai pilar yang mengarah keatas (Kompasiana, 2017).

Light Pillars merupakan suatu fenomena alam yang diciptakan oleh pantulan cahaya matahari atau bulan dari kristal es didekat sebuah permukaan paralel dari sebuah bidang horizontal. Fenomena ini biasa terjadi disaat matahari mulai terbenam. Disamping itu fenomena ini juga bisa disebabkan karena adanya sumber cahaya di bumi (terrestrial) (Kompasiana, 2017). 



Light Pillars akan sering muncul ketika musim dingin atau salju dengan wujud kumpulan es kristal yang memantulkan cahaya kuat dari matahari atau bulan ke arah tanah dengan bantuan suhu dingin (Kompasiana, 2017).

fenomena Light Pillar biasanya muncul di daerah dingin dimana suhu didaerah tersebut mencapai dibawah 10° C, sayangnya daerah yang berada digaris Khatulistiwa seperti Indonesia tidak akan muncul fenomena ini. Light Pillar sering muncul di musim dingin ketika salju atau es kristal memantulkan cahaya dari sumber yang kuat seperti matahari atau bulan. Dibantu oleh suhu dingin, pilar cahaya akan muncul ketika cahaya memantul dari permukaan datar kristal es yang mengapung dan relatif dekat dengan tanah (Mobgenic).



Rujukan
Kompasiana. 2017. Fenomena light pillars. https://www.kompasiana.com. [ 5 September 2017]

Posting Komentar