PELANGI API

Fenomena pelangi api adalah fenomena yang sangat jarang terjadi. Dinamakan pelangi api karena bentuknya mirip dengan api dan berwarna-warni seperti pelangi. Meskipun dinamakan pelangi api dan proses terbentukya hampir sama dengan pelangi, tetapi fenomena tersebut bukanlah pelangi ataupun api. Fenomena ini lebih tepat didefenisikan sebagai awan berwana-warni atau dunia mengenalnya dengan sebutan Circumhorizontal Arc. Circumhorizontal Arc ini umumnya terjadi di lapisan atmosfir yaitu awan cirrus ketika matahari berada pada sudut elevasi tinggi, biasanya lebih dari 58 di atas Horizon.
          Penyebab terjadinya Circumhorizontal Arcini dipengaruhi oleh adanya difraksi cahaya. Difraksi cahaya merupakan gelombang cahaya yang terjadi karena pembelokan arah rambat cahaya oleh suatu penghalang. Biasanya dalam fisika, penghalang ini berupa celah yang sangat sempit sekali. Cara kerjanya yaitu, pancaran cahaya matahari yang merupakan sumber gelombang cahaya akan disebarkan dan dibelokan dari arah rambatannya melalui kristal-kristal es heksagonal pada awan Cirrus yang tebal, dimana awan cirrus bertindak sebagai celah untuk membelokan gelombang cahaya matahari ini. Gelombang cahaya matahari yang memasuki awan cirrus secara vertikal dan telah dibelokan itu akan tertinggal di bagian bawah (yang di lihat oleh pengamat di Bumi) dan dipisahkan menjadi beberapa warna. Inilah yang menyebabkan warna yang muncul menyerupai warna pelangi dan bentuknya menyerupai api. Fenomena ini pernah terjadi di langit dekat Fredericton, New Brunswick, Kanada dan beberapa negara lainnya.
          Akibat dari matahari yang berada di posisi langit paling tinggi, maka sinarnya yang memancar datar akan tampak berkelap-kelip manakala menabrak kristal es yang berbentuk segi enam dalam gumpalan awan. Sinar ini lalu terbagi menjadi warna-warna pelangi seperti dalam prisma. Kondisi yang diperlukan untuk membentuk sebuah "pelangi api".

          Fenomena ini memberikan dampak perbedaan persepsi setiap masyarakat awam yang pernah mengalami fenomena tersebut. Ada yang mengatakan jika itu adalah pelangi biasa. Tetapi jika itu pelangi biasa mengapa bentuknya menyerupai api?. Ada juga yang mengatakan jika fenomena ini merupakan pertanda akan terjadinya bencana besar. Bahkan ada juga yang menduga bahwa ini adalah pertanda kiamat sudah dekat.
          Jadi, pelangi api atau Circumhorizontal Arcmerupakan fenomena alam yang terjadi karena difraksi cahaya yang mengakibatkan terbentuknya warna-warni menyerupai pelangi yang berbentuk seperti api. Sebenarnya fenomena ini bias dilihat dari bumi karena adanya fenomena optik yang membuatnya terligat seperti "Pelangi Api". Tempat terbaik untuk melihat pelangi api yaitu di daerah dekat khatulistiwa pada siang hari di tengah musim panas. Sebab, pelangi api adalah pertunjukan musim panas.
Secara teknis, pelangi api disebut circumhorizontal arc. Pelangi api terjadi ketika cahaya matahari membentur kristal es heksagonal pada sudut tertentu di awan cirrus tipis.
Hanya awan cirrus—yang melayang di ketinggian 20.000 kaki (6,096 meter) di atas tanah—yang cukup dingin untuk pembentukan kristal es.
Pelangi api hanya terjadi ketika matahari sangat tinggi di langit (lebih dari 58 ° di atas cakrawala). Kristal es heksagonal yang membentuk awan cirrus juga harus berbentuk seperti piring tebal yang menghadap ke tanah.
Ketika sinar matahari melewati kristal es ini, beberapa panjang gelombang akan membias, atau dibelokkan. Mirip dengan bagaimana efek penyebaran warna pada prisma.
Semakin jauh dari khatulistiwa, matahari semakin sedikit bersinar di ketinggian terbentuknya awan cirrus. Tak heran jika pelangi api jarang ditemukan di Eropa tengah atau utara, tetapi sering di Amerika Serikat.
Tempat terbaik untuk melihat pelangi api yaitu di daerah dekat khatulistiwa pada siang hari di tengah musim panas. Sebab, pelangi api adalah pertunjukan musim panas.

RUJUKAN

Kompasiana. 2017. Pelangi api. https://www.kompasiana.com [4 September 2017].
Ntional Geography Indonesia. 2015. Rahasia pelangi api. http://nationalgeographic.co.id. [22 Agustus 2015].

Posting Komentar