1. Equinox adalah salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September.
  2. Saat fenomena ini berlangsung, di luar bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara maupun selatan.
  3. Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, dimana kita ketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36°C.
  4. Equinox bukan merupakan fenomena seperti HeatWave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama (BMKG, 2017).

Equinox adalah salah satu fenomena astronomi yang rutin, dua kali setahun. Biasanya terjadi antara 19-21 Maret dan 22-23 September tiap tahunnya. Dua peristiwa ini bagian dari pergantian musim, terutama di belahan bumi sebelah utara dan selatan yang beriklim subtropis. Tahun ini, Equinox pertama jatuh pada 20 Maret, pukul 11.30 WIB.
Pada Maret, sering disebut sebagai Spring Equinox (Equinox musim semi), terjadi saat peralihan dari musim dingin ke musim panas di daerah beriklim subtropis. Sedang pada September, disebut pula Autumn Equinox (Equinox musim gugur), terjadi saat peralihan dari musim panas ke musim dingin. Pada dua jenis Equinox ini, belahan utara dan selatan Bumi terpapar sinar Matahari secara merata.
Fenomena ini tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, termasuk di Indonesia yang beriklim tropis. Adapun rata-rata suhu maksimal bisa mencapai 32-36 Celcius. Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Kukuh Ribudiyanto, kepada Metrotvnews.com pada Jumat (18/3/2016), menyebut suhu rata-rata di Indonesia belum pernah mencapai 40 derajat Celcius (Beritagar, 2016).


Rujukan

Beritagar. 2017. Equinoks adalah fenomena biasa.  https://beritagar.id. [20 Maret 2016].

BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). 2017. Fenomena equinoks merupakan fenomena lamiah. http://www.bmkg.go.id. [15 Maret 2017].

Posting Komentar