Negara Tanpa Laut
Negara Tanpa Laut:
Karakteristik, Tantangan, dan Peluang Pembangunan
Negara tanpa laut atau landlocked
country adalah negara yang seluruh wilayahnya dikelilingi daratan dan tidak
memiliki garis pantai langsung ke lautan lepas. Saat ini terdapat 45 negara
tanpa laut di dunia (termasuk 2 negara yang hanya memiliki akses ke laut
tertutup seperti Laut Kaspia). Contoh negara tanpa laut yang terkenal antara
lain Swiss, Austria, Bolivia, Nepal, Mongolia, hingga Afghanistan.
# Karakteristik Umum
Negara Tanpa Laut
·
Ketergantungan tinggi pada negara transit
untuk akses pelabuhan laut.
·
Biaya logistik dan transportasi barang
lebih mahal (rata-rata 50–100% lebih tinggi dibanding negara pesisir).
·
Rawan terhadap gangguan politik dan
ekonomi dari negara tetangga yang menjadi jalur transit.
·
Sering kali berada di kawasan pegunungan
atau jauh dari pusat perdagangan dunia.
# Tantangan Pembangunan
Negara Tanpa Laut
Menurut penelitian yang
dilakukan di Indonesia, negara tanpa laut menghadapi beberapa kendala
struktural:
·
Biaya Transportasi Tinggi
Penelitian
oleh Luthfi (2018) menunjukkan bahwa biaya logistik di negara tanpa laut bisa
mencapai 15–20% dari nilai ekspor, jauh lebih tinggi dibanding negara maritim
(sekitar 8–10%).
·
Kerawanan Ekonomi dan Politik
Studi
dari Jurnal Kajian Wilayah (2020) menyebutkan bahwa ketergantungan pada satu
atau dua negara transit membuat negara tanpa laut rentan terhadap blokade atau
perubahan kebijakan negara tetangga (contoh: Uzbekistan yang bergantung pada
Rusia dan Kazakhstan).
·
Keterbatasan Diversifikasi Ekonomi
Negara
tanpa laut cenderung bergantung pada sektor pertambangan dan pertanian, sulit
mengembangkan industri berbasis maritim.
# Strategi yang berhasil:
·
Investasi besar pada infrastruktur kereta
api dan udara.
·
Membentuk perjanjian transit yang mengikat
secara hukum internasional (UN Convention on Transit Trade of Land-locked
States 1965).
·
Fokus pada sektor jasa dan industri
bernilai tambah tinggi.
# Contoh di Asia Tengah
dan Afrika
Di Asia Tengah,
Kazakhstan berhasil mengurangi ketergantungan transit Rusia dengan membangun
jalur kereta ke Cina (Belt and Road Initiative). Sementara itu, Ethiopia
(negara tanpa laut sejak Eritrea merdeka 1993) membangun aliansi kuat dengan
Djibouti untuk akses Pelabuhan Djibouti.
Sumber Referensi
Luthfi,
M. (2018). Dampak Status Landlocked terhadap Biaya Logistik dan Daya Saing
Ekspor. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 9(2), 145–162.
https://doi.org/10.22212/jekp.v9i2.987
Nugroho,
H. (2021). Strategi Pembangunan Negara Landlocked: Pelajaran dari Swiss dan
Botswana. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(1), 33–48.
Sari,
R. N., & Pratama, A. (2020). Ketergantungan Negara Tanpa Laut terhadap
Negara Transit: Studi Kasus Asia Tengah. Jurnal Kajian Wilayah, 11(1), 45–60.
(diterbitkan oleh Pusat Penelitian Politik LIPI – sekarang BRIN)
Wibowo,
A. (2019). Geografi Politik Negara Tanpa Laut di Era Globalisasi. Jurnal Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik, 22(3), 210–228. Universitas Gadjah Mada.
Komentar
Posting Komentar