Negara Tanpa Laut

 

Negara Tanpa Laut: Karakteristik, Tantangan, dan Peluang Pembangunan

Negara tanpa laut atau landlocked country adalah negara yang seluruh wilayahnya dikelilingi daratan dan tidak memiliki garis pantai langsung ke lautan lepas. Saat ini terdapat 45 negara tanpa laut di dunia (termasuk 2 negara yang hanya memiliki akses ke laut tertutup seperti Laut Kaspia). Contoh negara tanpa laut yang terkenal antara lain Swiss, Austria, Bolivia, Nepal, Mongolia, hingga Afghanistan.

# Karakteristik Umum Negara Tanpa Laut

·         Ketergantungan tinggi pada negara transit untuk akses pelabuhan laut.

·         Biaya logistik dan transportasi barang lebih mahal (rata-rata 50–100% lebih tinggi dibanding negara pesisir).

·         Rawan terhadap gangguan politik dan ekonomi dari negara tetangga yang menjadi jalur transit.

·         Sering kali berada di kawasan pegunungan atau jauh dari pusat perdagangan dunia.

# Tantangan Pembangunan Negara Tanpa Laut

Menurut penelitian yang dilakukan di Indonesia, negara tanpa laut menghadapi beberapa kendala struktural:

·         Biaya Transportasi Tinggi

Penelitian oleh Luthfi (2018) menunjukkan bahwa biaya logistik di negara tanpa laut bisa mencapai 15–20% dari nilai ekspor, jauh lebih tinggi dibanding negara maritim (sekitar 8–10%).

·         Kerawanan Ekonomi dan Politik 

Studi dari Jurnal Kajian Wilayah (2020) menyebutkan bahwa ketergantungan pada satu atau dua negara transit membuat negara tanpa laut rentan terhadap blokade atau perubahan kebijakan negara tetangga (contoh: Uzbekistan yang bergantung pada Rusia dan Kazakhstan).

·         Keterbatasan Diversifikasi Ekonomi 

Negara tanpa laut cenderung bergantung pada sektor pertambangan dan pertanian, sulit mengembangkan industri berbasis maritim.

# Strategi yang berhasil:

·         Investasi besar pada infrastruktur kereta api dan udara.

·         Membentuk perjanjian transit yang mengikat secara hukum internasional (UN Convention on Transit Trade of Land-locked States 1965).

·         Fokus pada sektor jasa dan industri bernilai tambah tinggi.

# Contoh di Asia Tengah dan Afrika

Di Asia Tengah, Kazakhstan berhasil mengurangi ketergantungan transit Rusia dengan membangun jalur kereta ke Cina (Belt and Road Initiative). Sementara itu, Ethiopia (negara tanpa laut sejak Eritrea merdeka 1993) membangun aliansi kuat dengan Djibouti untuk akses Pelabuhan Djibouti.

 

Sumber Referensi

Luthfi, M. (2018). Dampak Status Landlocked terhadap Biaya Logistik dan Daya Saing Ekspor. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 9(2), 145–162. https://doi.org/10.22212/jekp.v9i2.987 

Nugroho, H. (2021). Strategi Pembangunan Negara Landlocked: Pelajaran dari Swiss dan Botswana. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(1), 33–48.

Sari, R. N., & Pratama, A. (2020). Ketergantungan Negara Tanpa Laut terhadap Negara Transit: Studi Kasus Asia Tengah. Jurnal Kajian Wilayah, 11(1), 45–60. (diterbitkan oleh Pusat Penelitian Politik LIPI – sekarang BRIN) 

Wibowo, A. (2019). Geografi Politik Negara Tanpa Laut di Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 22(3), 210–228. Universitas Gadjah Mada. 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPAS GEOLOGI

Geologi Regional Lembar Ujung Pandang