KONTUR GEO melakukan konservasi mangrove

KONTUR Geografi Universitas Negeri Makassar melaksanakan kegiatan penanaman Mangrove pada hari Sabtu, 17 September 2016, di Desa Garassikang,  Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto. kegiatan ini didasari oleh permasalahan yang terdapat di Desa Garassikang, yaitu kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mangrove. Menurut warga sekitar, dulu mangrove tumbuh sangat subur dan banyak di daerah ini, namun untuk perluasan tambak, warga menebangnya, beberapa tahun kemudian tambak rusak akibat abrasi air laut.


Penanaman mangrove dilakukan dengan metode penanaman secara langsung tanpa melalui pembibitan, terdapat sekitar 2000 buah tunas mangrove yang ditanam, tunas tersebut disediakan oleh bapak Ronald, S.Si selaku pendiri KONTUR yang juga merupakan  warga setempat "harapan kami, kegiatan ini tidak berhenti disini, tapi terus di kontrol hingga mangrovenya benar-benar tumbuh dengan baik" imbuh salah seorang warga. Panglima/Ketua Umum KONTUR Geografi mengungkapkan bahwa "Kegiatan Konservasi Mangrove ini akan kami follow up setiap saat, desa ini akan kami jadikan desa binaan Konservasi Mangrove, bahkan kami rencanakan untuk menanam hingga 100 ribu mangrove di desa ini dengan cara bertahap" ungkapnya.

Kegiatan ini sangat didukung oleh pemerintah setempat, terutama kepala desa Garassikang. Mereka berharap penuh kepada Mahasiswa untuk terus melakukan konservasi mangrove di desanya. Warga setempat berharap, dengan adanya Konservasi Mangrove dapat mengatasi terjadinya abrasi yang menyebabkan tambak mereka rusak. 
(Nur Ikhsan)


Posting Komentar