GREAT BLUE HOLE



GREAT BLUE HOLE 


Blue hole" atau lubang biru adalah istilah yang digunakan untuk beberapa sinkhole yang terisi dengan air - terlepas dari mekanisme formasi mereka. Tampaknya faktor penentu dalam penggunaan istilah ini adalah warna biru yang indah dari air yang dalam pada formasi tersebut. Blue hole biasanya berbentuk lingkaran, berdinding curam, dan dinamai dari warna birunya yang lebih tua dari perairan sekitarnya karena lebih dangkal. Sirkulasi air pada blue hole yang kurang, membuatnya miskin oksigen, dan umumnya anoksik (anoksik adalah daerah air laut, air tawar atau air tanah yang kekurangan oksigen terlarut) pada kedalaman tertentu sehingga tidak dapat mendukung kehidupan, kecuali sejumlah besar bakteri (Karmin. 2017).



.
Berikut 5 "Blue Hole" raksasa yang populer di dunia.
1. The Great Blue Hole of Belize
"Blue Hole" yang paling terkenal ini terletak di lepas pantai Belize, sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah. Tepatnya berada di dekat pusat Lighthouse Reef, atol kecil 70 km dari Belize City.
"Blue Hole"  raksasa ini berukuran lebih dari 300 meter dengan kedalaman 124 meter. Fenomena alam ini terbentuk antara 150.000 sampai 15.000 tahun yang lalu. Tempat ini adalah salah satu lokasi favorit para penyelam.
2.Dean's Blue Hole
"Blue Hole" ini lokasinya berada di dekat Clarence Town di Long Island, Bahamas. Ini adalah salah satu goa raksasa vertikal yang termasuk paling dalam.
"Blue Hole" ini mempunyai kedalaman hingga lebih dari 200 meter dan diameter berkisar antara 25 sampai 35 meter.
Pada kedalaman 20 meter, goa raksasa vertikal ini diameternya melebar sampai 100 meter.
3. Blue Hole of Dahab
"Blue Hole" ini berada di pantai Laut Merah, beberapa kilometer sebelah utara Dahab, Mesir. Goa vertikal raksasa ini mempunyai kedalaan 130 meter.
Tempat ini telah memakan banyak korban penyelam karena mereka berusaha menemukan terowongan baru melalui terumbu karang yang dikenal sebagai "The Arch".
Terowongan ini menghubungkan "Blue Hole" dengan perairan terbuka dengan kedalaman sekitar 52 meter.

4. The Blue Hole of Gozo
"Blue Hole"  yang tak kalah memukau ini terletak di pantai barat Pulau Gozo, kepulauan Maltese, di Laut Mediterania.
"Blue Hole"  ini mempunyai kedalaman 15 meter dan lebar 10 meter. Uniknya goa vertikal raksasa ini berada di bibir tebing. Di dalam laut "Blue Hole"  ini  dihubungkan oleh terowongan menuju ke laut terbuka.
 5. Watling's Blue Hole
Beberapa "Blue Hole"  juga terjadi di daratan, seperti Watling's Blue Hole yang terletak di pulau San Salvador.
Uniknya, meski berada di tengah pulau "Blue Hole" Watling tidak memiliki air tawar, hal ini menunjukkan bahwa goa raksasa vertikal tersebut terhubung ke laut melalui terowongan bawah tanah. 

 Rujukan

Karmin. 2017. 5 Fenomena Alam Blue Hole Paling Memukau di Dunia. https://travel.trubus.id. [Desember, 12 2017].

Alam mengembang jadi guru. 2013. Blue hole. http://versesofuniverse.blogspot.co.id. [27 Agustus 2017]



Posting Komentar