DIKLATSAR KONTUR XII

DIKLATSAR KONTUR XII
"Satu bumi milik bersama tanpa batas tanpa penindasan"
kontur Geografi kembali membuka perekrutan anggota baru melalui kegiatan DIKLATSAR KONTUR XII yang menggagas tema kegiatan “Solidaritas Tanpa Batas dalam Internalisasi Nilai – Nilai Kontur”

DIKLATSAR KONTUR XII mahasiswa geografi yang lolos pada tahap wawancara, indoor, dan test fisik. Akan melangkah ke tahapan outdoor yang pada kali ini dilaksanakan di Bukit Santai yang ada di Dusun Lantang Boko Desa Bontokassi Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.Peserta Outdoor ada 31 orang dari 42 pendaftar yang telah gugur pada tahap sebelumnya karena “seleksi alam”.

Kegiatan outdoor DIKLATSAR KONTUR XII ini secara resmi dibuka pada 14 April 2016, melalui acara pembukaan dan pelepasan peserta outdoor di Jurusan Geografi oleh Ketua Jurusan Geografi bapak Drs. M. Nur Zakariah Leo, M.Si. yang dihadiri juga oleh Presiden DEMA Geografi FMIPA UNM saudara Mukhsin.

Indoor dilaksanakan selama 3 hari dimulai pkl. 08.00 WITA pada 15 April 2016, semua panitia dan peserta melingkar di samping jurusan Geografi FMIPA UNM untuk berdo'a sebelum bersama-sama berangkat ke lokasi tujuan.

Tepat pkl. 11.00 WITA,  rombongan tiba di Desa Bonto Kassi Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa yang kemudian dilakukan shalat jumat berjamaah dengan warga setempat sebelum melanjutkan ke puncak bukit santai. Setiba dilokasi camp  pukul 17.00 WITA semua peserta diarahkan untuk membangun tenda dan dilanjutkan diskusi mengenai catatan perjalanan  dari titik start hingga ke lokasi bukit Santai


Hari kedua peserta dilatih untuk melakukan kegiatan orientering medan dan hanting point menggunakan alat-alat navigasi sederhana yaitu berupa kompas bidik, peta topografi, busur derajat, mistar dan alat tulis menulis. kegiatan Hunting point di mulai dengan pemberian satu buah koordinat yang menjadi titik start sekaligus titik ikat. Setiap kelompok mendapatkan tugas untuk mencari 5 point yang telah disiapkan panitia.

Selanjutnya peserta kembali ke lokasi camp di Bukit Santai dan melaporkan hasil penjelajahan mereka kepada panitia dengan mengumpulkan peta dan catatan kelompok. Selanjutnya peserta melanjutkan kegiatan dengan membuat bivak sederhana menggukan jas hujan dan ranting kayu. 

Setelah pembuatan bivak agenda dilanjutkan dengan pemberian materi Ke"konturan" yang dibawakan oleh salah satu dewan pendiri kontur yaitu Kanda Ronald.


Pada malam hari setelah makan malam dilanjutkan dengan evaluasi hasil orienteering peserta secara berkelompok oleh beberapa panitia yang telah dipjkan. Setelah evaluasi dilanjutkan dengan acara Tudang Sipulung antara CAMU(Calon Anggota Muda), Pengurus, dan Para Dewan Senior kontur  yang hadir di lokasi outdoor.

Setelah melalui serangkaian kegiatan dan prosesi yang menjadi tradisi kontur maka, 31 CAMU yang telah berhasil melewati semua rangkaian kegiatan telah resmi menjadi Anggota Muda (AMU) kontur geografi Angkatan XII melalui Upacara Pengukuhan pada 17 April 2016 di Bukit Santai.
Penyematan Slayer Hitam oleh salah satu dewan pendiri "Kanda Ronald"

AMU kontur Angkatan XII
    Selamat bergabung di keluarga sederhana Kontur Geografi. Belajar dan berkaryalah.

1.      

3 comments

berkarya tanpa batas, perkuat identitas, menuju hari yang jauh lebih sukses....semoga kontur menjadi kiblat tatanan berstruktur....good job...

Reply

Posting Komentar