Dampak Pemanasan Global



Dampak Pemanasan Global

Pencemaran udara yang di akibatkan oleh  gas buang kendaraan bermotor sangat kurang disadari oleh masyarakat pada umumnya, padahal dampak dari pembakaran bahan bakar ini sungguh sangat berdampak buruk bagi penduduk seluruh dunia seperti,  terjadinya pemanasan global (global warming) (Rukaesih Achmad). Pemanasan global sesungguhnya merupakan gejala naiknya suhu di seluruh permukaan bumi yang terjadi di seluruh dunia yang diduga disebabkan oleh naiknya intensitas efek rumah kaca (Rukaesih Achmad).

Menghangatnya isu pemanasan global ini, mengingat timbulnya dampak yang sangat besar terhadap kehidupan di dunia yang diduga menjadi penyebab terjadinya perubahan iklim dunia dengan berbagai akibat yang ditimbulkannya. Pemanasan global suatu fenomena global yang dipicu oleh kegiatan manusia terutama yang berkaitan dengan penggunaan bahan fosil dan kegiatan alih guna lahan. Kegiatan ini menghasilkan gas-gas yang semakin lama semakin banyak jumlahnya di atmosfer, terutama gas karbon dioksida (CO2). Gas CO2 ini yang menjadi biang keladi dari terjadinya pemanasan global melalui proses yang disebut efek rumah kaca (Rukaesih Achmad).

Pemanasan Global berpengaruh pada Perubahan iklim dunia sehingga  berdampak pada kenaikan air laut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Susandi dengan judul ‘Dampak Perubahan Iklim Terhadap Ketinggian Muka Laut Di Wilayah Banjarmasin’, Kenaikan muka laut diproyeksikan akan terjadi di wilayah Kalimantan Selatan, terutama Banjarmasin dan sekitarnya sebagai implikasi dari perubahan iklim.

Namun terdapat juga penelitian cara untuk mengantisipasi atau beradaptasi terhadap konsekwensi pemanasan global di daerah permukiman yaitu dengan cara melalui penanaman yang sesuai dengan lahan tersebut (kusminingrum, 2018).

Achmad, Rukaesih. "Kimia lingkungan." (2011): 1-34.
Susandi, A., Herlianti, I., Tamamadin, M., & Nurlela, I. (2008). Dampak perubahan iklim terhadap ketinggian muka laut di wilayah Banjarmasin. Jurnal ekonomi lingkungan12(2).
Ilahude, A. G., & Nontji, A. (1999). Oseanografi Indonesia dan perubahan iklim global (El Nino dan La Nina). Puslitbang Oseanologi-LIPI. Jakarta, 1-13.

Posting Komentar