ANGIN PUTING BELIUNG




1.    PENGERTIAN ANGIN PUTING BELIUNG
Angin puting beliung yang sering juga orang kenal dengan nama angin lesus termasuk kedalam salah satu fenomena alam yang sangat berbahaya. Angin puting beliung ini sering terjadi saat siang hari dan juga sore hari pada musim pancaroba. Angin ini sering dianggap sebagai salah satu dari jenis angin yang mematikan karena bisa menghancurkan apa saja yang telah dilewatinya. Angin puting beliung sering terjadi ketika musim pancaroba pada saat siang atau juga sore hari. Fase dari terjadinya puting beliung ini memiliki beberapa kaitan yang cukup erat dengan fase dari tumbuhnya awan cumulonimbus. Adapun tiga fase dari angin puting beliung (keepsoh, 2017)
2.    PROSES TERJADINYA ANGIN PUTING BELIUNG
a.      Fase tumbuh
Di dalam awan biasa terjadi arus udara yang sering naik ke atas dengan jumlah tekanan yang terbilang kuat. Pada saat ini, proses munculnya hujan belum terjadi karena pada titik titik air dan kristal es sudah tertahan oleh arus dari udara yang naik terus menuju puncak awan.
b.      Fase dewasa atau masak
Dalam fase ini, titik titik dari air yang tidak lagi bisa tertahan oleh udara akan terus naik menuju puncak awan. kemudian hujan akan turun serta menimbulkan gaya gesekan antara suatu arus udara yang sedang naik dengan yang sedang turun. Pada saat terjadinya fase ini, temperatur dari massa udara yang mulai turun memiliki sejumlah suhu yang sangat dingin jika dibandingkan dengan kumpulan udara disekelilingnya.
c.       Fase punah
Dalam saat masa punah, tidak akan ada lagi massa udara yang bisa naik, tapi massa udara tersebut akan terus meluas di seluruh bagian awan. Pada akhirnya, proses dari munculnya awan ini mengalami kondensasi yang akan berhenti dan udara yang turun semakin melemah, sehingga pertumbuhan dari awan akan berakhir (keepsoh, 2017).


1.    GEJALA MUNCULNYA ANGIN PUTING BELIUNG

Adapun gejala dari awan puting beliung yang sangat perlu kamu tahu agar bisa menambah kewaspadaan dan kesiapan kamu adalah sebagai berikut:
a.       Udara yang terasa panas hingga menyebabkan gerah
  1. Dilangit ada sejumlah pertumbuhan awan putih, awan ini akan membentuk sejumlah gerombolan yang berlapis-lapis
  2. Di antara banyaknya awan kumulus tersebut, ada salah satu jenis jenis awan yang memiliki batas tepi dengan warna abu-abu yang sangat jelas.
  3. Awan ini akan tampak menjulang tinggi, dan jika dilihat awan tersebut akan berbentuk mirip dengan tumbuhan bunga kol
  4. Awan berubah warna secara tiba-tiba dari warna putih menjadi warna hitam pekat layaknya awan cumulonimbus
  5. Ketika angin kencang akan datang, ranting pohon serta daun bergoyang tertiup angin
  6. Masyarakat harus selalu waspada terutama pada saat periode durasi pembentukan awan hingga fase awan punah. Hal ini biasanya berlangsung sekitar 1 jam.
h. Angin puting beliung adalah angin yang disebabkan oleh dampak pengaruh dari awan Comulonimbus atau Cb yang biasanya timbul selama periode musim hujan. Akan tetapi perlu diketahu bahwa tidak semua awan Comulonimbus akan menyebabkan angin puting beling (ilmu geografi, 2016).
2.    CARA MENGANTISIPASI ANGIN PUTING BELIUNG
Untuk mengantisipasi terjadinya puting beliung serta keamaan bagi anda sekaligus keluarga, ada baiknya anda mengenali tanda-tanda apa saja yang yang menandakan kemunculan puting beliung. Selan itu anda juga harus selalu waspada dengan melakukan hal-hal yang di bawah ini:
a.      Mengenali dengan betul tempat anda tinggal
Sebelum anda menghuni pada sebuah tempat, ada baiknya jika anda mencari tahu dengan baik untuk membuat kehidupan anda menjadi lebih nyaman. Dengan mencari tahu keadaan atau kondisi lingkungan, maka dapat membuat anda tahu dengan baik dampak positif serta dampak negatif dari hunian yang anda tinggali. Selain itu, anda juga harus tahu jenis bencana alam apa saja yang bisa terjadi di area hunian anda.
b.      Lakukan penghijauan
Angin umumnya mencari tempat tebuka dan menghamtamnya secara dasyat. Namun ketika ada banyak pohon yang ditanamndi sekitar lingkungan maka angin akan terpecah. Dari hal ini bisa ditemukan bahwa pohon menjadi salah satu solusi andalan yang bisa dipilih untuk menghindari kekejaman angin puting beliung. Langkah menanam pohon untuk mencegah bencana alama terutama puting beliung harus disadari oleh masyarakat sehingga mereka bisa bergotong royong menanam pohon di lingkungan mereka. Hal yang harus dierhatikan dalam menanam pohon adalah sumber mata air dan masalah tanah. Penghijauan lingkungan yang dilakukan bukan hanya bisa menanggulangi bahaya puting beliung
c.        Buat hunian anda permanen dan kuat
Rumah memiliki peran yang cukup penting dalam menghindari bencana alam. Semakin kuat rumah yang anda bangun maka dampak kerusakan serta perlindungan pada suatu rumah menjadi lebih terjaga.
d.      Buat tempat perlindungan di bawah
Tempat perlindungan di bawah memiliki fungsi yang cukup penting dapat menjaga keselamatan manusia supaya dapat terhindar dari bahaya yang ada di permukaan. Selain melakukan usaha penyelamatan serta pencegahan seperti halnya di atas, anda juga harus berhati-hati ketika bencana angin puting beliung tengah berlangsung. Dalam hal ini anda harus selalu waspada dan memperhatikan tempat di sekitar yang anda gunakan sebagai tempat berlindung. Hendaknya hindari berlindung pada tempat terdapat pepohonan tinggi dimana pohon tersebut telah rapuh. Jika anda melihat ada pohon yang rapuh terlebih jika pohon tersebut merupakan salah satu jenis pohon dengan ukuran tinggi dan menjulang besar, maka sebaiknya dihindari karena  pohon dapat jatuh dan menimpa sewaktu-waktu. Carilah tempat aman yang kuat dan kokoh serta cari tempat yang jaraknya jauh dari lokasi.
Keadaan angin puting beliung bisa terjadi secara tiba-tiba, yaitu 5 atau 10 menit pada area dengan skala yang sangat lokal. Arus kecepatan udara dari anging puting beliung yang turun dengan kecepatan yang tinggi akan berhembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan acak (ilmu geografi, 2016).

REFERENSI
keepsoh. 2017. Proses Terjadinya Angin Puting Beliung Beserta Ciri-ciri dan Dampaknya. https://keepsoh.com. [Oktober 30, 2017].
Ilmu geografi. 2016. Angin Puting Beliung. https://ilmugeografi.com. [25 February, 2016 ]

kunjungi linimasa kami,
facebook : kontur Geografi
Instagram : konturgeografi
Google+ : Kontur Geografi

Posting Komentar